SOAL !!
1. Apa yang dimaksud dengan Kepemimpinan ( leadership ) serta apa yang
membedakan seorang pemimpin dengan seorang manajer ? jelaskan jawaban
anda!
2. Jelaskan mengapa pengendalian menjadi penting dalam pelaksanaan fungsi
manajemen !
3. Seseorang yang tadinya rajin di dalam pelaksanaan suatu pekerjaan tiba tiba
tanpa alasan yang jelas kemudian menunjukkan kinerja yang kurang memuaskan
diantaranya datang sering terlambat dan sering terlambat dalam menyerahkan
pekerjaannya.
Berdasarkan uraian diatas menurut anda kira kira apa yang terjadi dengan
karyawan tersebut? Jika anda menjadi atasan langsung dari karyawan tersebut apa
yang akan anda lakukan pada karyawan tersebut ?
JAWABAN !!
1.Kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan ,Perbedaan nya sudah jelas dalam arti katanya manager berasal dari kata "manage" yang arti nya mengatur ,arti mengatur disini bukan berarti mengatur tetapi mengelola yang berfokus pada struktur serta system ,membuat rencana jadwal dan mengorganisasi kelompok sedangkan pemimpin "leader" dia tidak mengelola tapi memotivasi dalam arti memberi masukan secara dekat dan spesifik kepada kelompok ,merumuskan visi dan misi dan memberikan inspirasi kepada kelompoknya untuk mencapai visi dan misi .
2.Sangat lah penting karna pengendalian berfungsi sebagai pengambil alih dalam organisasi ,jika tidak ada pengendalian dalam manajemen suatu organisasi kemungkinan organisasi tersebut tidak akan bertahan lama dan mungkin akan terjadi konflik antar anggota .
3.Tidak mungkin sesuatu terjadi tanpa alasan ,mungkin karyawan tersebut mempunyai msalah terhadap pekerjaannya ,sudah bosan mungkin .dan ada kemungkinan juga karyawan tersebut memiliki masalah pribadi dalam keluarga sehingga dia tidak bersemangat melakukan hal-hal kesehariannya termasuk juga dalam hal bekerja.
Jika saya menjadi atasannya ,mungkin pertama saya akan menegur dan bertanya kepada karyawan tersebut mengapa seperti itu dan apa yang terjadi .jika si karyawan bilang "tidak apa-apa (padahal dia memiliki masalah )" ,mungkkin saya akan mempercayai dan menasihati nya pada saat itu .tidak berhenti disitu saja ,saya akan terus mengawasi perkembangan karyawan tersebut ,apakah makin hari makin baik atau makin buruk ,jika makin baik saya hanya perlu menasihatinya lebih dalam lagi agar tidak terjadi seperti itu sedangkan jika makin buruk kemungkinan karyawan tersebut memiliki masalah yang menggangu pikirannya (masalah pribadi keluarga,dll),saya akan melakukan pendekatan pribadi terhadap karyawan tersebut untuk mengetahui apa yang terjadi kepadanya ,dia karyawan saya dan saya adalah atasannya tidak menutup kemungkinan sebagai atasannya juga membantu terhadap masalah karyawanya :))
SELESAI :D